Sabtu, 05 Desember 2015

Fenomena musik dangdut


Musik Dangdut - Pada awal masuk dan dikenalnya musik dangdut di Indonesia, musik dangdut adalah perpaduan dari beberapa musik dari negara lain. Perpaduan antara warna musik dari India, Arab, dan juga Indonesia. Untuk itulah karena masih ada unsur melayu (indonesia) maka musik dangdut disebut sebagai musik asli Indonesia. Dan sebagai musik asli Indonesia, musik dangdut memang sangat merakyat di Indonesia. Bisa dibilang, musik dangdut berjaya di rumah sendiri.

Tentu saja musik dangdut tidak hanya berjaya di rumah sendiri. Musik dangdut tidak hanya dikenal dan dikagumi oleh penduduk Indonesia saja. Banyak warga negara lain yang menggilai musik dangdut. Bahkan, hanya karena Malaysia juga memiliki darah melayu,dan musik dangdut adalah musik melayu,musik dangdut pernah secara tidak resmi di claim sebagai musik asli negara Malaysia, dan bukan musik asli dari negara Indonesia. Entah kenapa ya, Malaysia seperti tidak ada capeknya mengusik hak milik kita. Yasudahlah, yang penting seluruh dunia tau kalau musik dangdut adalah musik khas Indonesia.


Musik dangdut saat ini sudah sangat berbeda dengan musik dangdut pada saat pertama di populerkan oleh raja dangdut Rhoma Irama. Karena musik dangdut lahir dari beberapa jenis musik,maka musik dangdut sangat bisa menerima pengaruh dari jenis atau genre musik lain seperti pop, rock, dan jazz. Hal itu terbukti dengan banyaknya lagu lagu pop yang sudah sukses di re aransemen kedalam lagu dangdut. Selain itu, bukti bahwa musik dangdut juga bisa dipadukan dengan musik rock adalah dengan lahirnya sub genre dari musik dangdut itu sendiri dengan melahirkan warna baru, yaitu Rock Dut.

Tidak hanya sampai disitu, perkembangan musik dangdut semakin hari semakin berasa sekali. Inul Daratista dikenal sebagai salah satu pelopor jenis musik dangdut baru, yaitu dangdut koplo. Musik dangdut yang mempunyai beat yang jauh lebih cepat dari musik dangdut kebanyakan. Bahkan dari rock dut sekalipun. Ditambah dengan semakin maraknya beberapa goyang dangdut yang diciptakan oleh para penyanyi dangdut, Musik dangdut koplo semakin hari semakin digilai oleh dangduters *ngarang nama aja. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar